Pages

7 Permainan Yang Mudah Dan Efektif Untuk Perkembangan Motorik Anak Usia 0-1 Tahun

Menjadi seorang ibu merupakan pengalaman yang luar biasa bagi saya sekaligus penuh tantangan. Saya dituntut untuk belajar banyak hal dengan cepat seperti merawat bayi, cara menggendong yang benar, membuat MPASI dan juga belajar memahami setiap tumbuh kembang anak. Ternyata, tidak hanya perkembangan fisiknya saja yang harus diperhatikan, perkembangan motorik juga penting.

Permainan Ci Luk Ba
Salah satu permainan yang membantu perkembangan motorik anak

Menurut sebagian info menyebutkan bahwa motorik anak bisa dirangsang dan dilatih sejak dini melalui permainan. Tentunya, jenis permainan yang dipilih harus disesuaikan dengan usia anak. Untuk itulah, saya membiasakan anak saya untuk sering bermain, bisa dimulai dengan permainan yang sederhana dan mudah dilakukan. Khusus untuk anak usia 0-1 tahun, ada beberapa jenis permainan yang bisa dilakukan dan cocok untuk usia ini. Apa aja sih? Yuk simak penjelasannya lebih jauh di bawah ini.

1.    Permainan Tutup Wajah

Permainan yang pertama yang sering saya mainkan bersama buah hati dan pastinya bisa bunda coba juga di rumah adalah permainan tutup wajah atau yang biasa disebut dengan Ci Luk Ba. Bayi usia 2-3 bulan biasanya sudah bisa tanggap jika diajak bermain seperti ini. Tidak perlu alat bantu untuk bisa memainkan permainan Ci Luk Ba, cukup menggunakan kedua belah tangan yang ditutupkan ke wajah, lalu ajak anak untuk berinteraksi. Biasanya, saat bermain bisa dibarengi dengan suara berhitung 1 2 3 agar lebih seru. Jenis permainan seperti ini dapat merangsang perkembangan motorik dan membangun emosi anak.

2.    Pegang Benda
Ketika anak sudah bisa menggunakan tangannya untuk memegang benda, maka bunda bisa sering-sering memberikannya benda yang dapat digenggam, bisa berupa mainan kecil dengan bentuk lucu namun ringan. Biarkan ia menggunakan tangannya untuk belajar menggenggam karena hal ini dapat merangsang perkembangan motorik halus anak. Tidak hanya itu, kekuatan otot tangan anak juga jadi terlatih.

3.    Mengenal Angka Sambil Bernyanyi
Anak-anak biasanya memang menyukai bunyi-bunyian karena panca indera yang pertama kali bisa berfungsi dengan baik adalah telinga atau pendengaran. Jadi, bunda bisa mengajak anak bernyanyi sambil mengenalkan angka. Saya juga sering melakukan permainan ini, bisa dilakukan sambil bercanda, sambil menyuapi anak makan atau ketika menjelang tidur. Tujuan dari jenis permainan seperti ini salah satunya adalah mengenalkan pada anak tentang angka. Jika memungkinkan, bunda bisa menggunakan alat bantu pendukung permainan berupa poster angka atau mainan berbentuk huruf yang warna-warni.

4.    Menirukan Suara
Sesekali, saya mengajak anak untuk pergi ke luar rumah sambil melihat beberapa hewan yang ada di lingkungan sekitar seperti ayam, bebek, kucing, sapi dan lainnya. Ketika melihat hewan tersebut, saya mencoba untuk menirukan suara hewan lalu mengajak si kecil untuk menirukannya juga. Permainan yang menonjolkan suara dan mulut ini dapat melatih anak untuk berbicara dan menggali rasa ingin tahunya.

5.    Lempar Bola
Pada anak usia 8 bulan - 1 tahun, biasanya sudah mulai bisa menggunakan tangannya dengan baik seperti menggenggam dan melempar. Untuk itu, bunda bisa mencoba permainan satu ini yaitu lempar bola. Gunakan bola kecil yang ringan sekitar ukuran genggaman tangan, lalu ajak anak untuk melempar bola. Usai melempar, kembalikan lagi bola tersebut kepada anak, ulangi hingga beberapa kali.

6.    Mengenal Anggota Tubuh
Permainan selanjutnya yang juga dapat merangsang perkembangan motorik anak adalah bernyanyi sambil mengenalkan anggota tubuh. Sebutkan beberapa anggota tubuh sambil bernyanyi, bisa dimulai dari bagian atas tubuh seperti kepala, mata, hidung, mulut dan seterusnya.

7.    Meniru Gerakan Tubuh
Seiring bertambahnya usia anak, ia akan semakin aktif. Untuk itu, bunda perlu menyesuaikan jenis permainan yang cocok untuk tahap usianya. Apabila anak sudah bisa berdiri, bisa mencoba untuk melakukan permainan meniru gerak tubuh. Bisa dengan cara berjoget, mengajakknya berlari di tempat, gerak tangan dan lainnya.

No comments:

Post a Comment

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com